Senin, 05 Desember 2011

Anatomi Rambut.

Bila ingin merawat sesuatu dengan baik, maka anda harus mengenali keadaan benda yang ingin anda rawat  itu dahulu. Demikian pula halnya dengan perawatan rambut. Pengetahuan dasar mengenai anatomi rambut, fungsi tiap bagian serta cara bertumbuhnya dll. akan sangat membantu anda dan menentukan cara anda dalam melakukan perawatan rambut selanjutnya, khususnya perawatan kebotakan .

Coba amat-amati rambut anda. Apakah anda terlahir dengan rambut hitam, blonde, keriting,  lurus  ataupun acak2an, semuanya mempunya struktur anatomi rambut yang sama :


 
Akar Rambut

Akar rambut merupakan bagian tidak tampak oleh mata, karena tertanam dalam kulit kepala, yang terdiri dari beberapa organ yang mempunyai fungsi masing – masing :
  1. Hair Bulb atau Umbi Rambut, yaitu bagian pangkal rambut yang membesar seperti periuk. Gunanya untuk melindungi papil rambut serta menghisap udara dan menimbun kotoran.
  2. Hair Follicle / kantong rambut : Tempat bertunasnya rambut. Bentuk kantong rambut ini menentukan jenis rambut. Bila anda mempunyai kantong rambut lurus, maka rambut andapun lurus, bila melengkung, maka rambut anda melengkung  bergelombang, dan bila  sangat melengkung, rambut anda akan  nungging  keriting.  Jadi sekarang anda tau sebabnya , mengapa “dari sononya”, ada yang kriting, ada yang berombak dan ada yang  lurus.....
  3. Di bagian bawah follicle / kantong rambut ini, terdapat papilla atau papil rambut . Diantara sel-sel papilla ini terdapat Melanosit, yang menghasilkan pigmen ( zat warna). Papil juga mempunyai pembuluh darah ( blood vessel ) dan getah bening, yang memasok makanan untuk rambut. Saraf hanya terdapat dalam follicle ini; ngak nyambung sampai ke batang rambut.  Inilah sebabnya tidak ada yang menangis kesakitan kalo rambut dipotong …  
  4. Arrector Muscle / Otot Penegak Rambut.
  5. Kelenjar Minyak : memproduksi minyak yang biasa disebut Sebum, gunanya untuk melindungi rambut agar tidak menjadi kering, kusan dan rentan. Bila ada rambut berminyak atau sebaliknya, kering, disinilah asal muasal nya.
Batang Rambut.

Batang rambut terdiri dari 3 lapisan :

  1. Lapisan paling dalam, disebut Medulla, berisi zat keratin dan kantong-kantong udara / oxygen.
  2. Lapisan tengah disebutg Cortex berisi melanin yang menentukan warna rambut, kekuatan rambut, bentuk rambut dll.
  3. Lapisan paling luar, disebut Cuticle, tipis dan transparan berfungsi untuk melindungi bagian dalam rambut.

Masing-masing organ rambut seperti diatas mempunyai tugas. Bila anda bisa  menciptakan kondisi seluruh komponen rambut   dalam keadaan baik dan sehat, maka dapat dipastikan dapat menghasilkan rambut yang sehat pula !  Tugas andalah yang harus merawat kesehatan seluruh organ rambut tsb. sehingga akhirnya anda dapat memiliki mahkota yang dibanggakan !  Jangan kuatir dulu, untuk itu ada caranya !

Mayoritas  penyebab kebotakan rambut adalah disebabkan tidak  berfungsinya salah satu atau beberapa organ rambut yang dikarenakan berbagai  faktor. Oleh sebab itu anda perlu mengenali  sumber problem yang menyebabkan organ rambut anda tidak berfungsi baik, sebelum anda mengobatinya. 

So, kenali beberapa penyebab umum kebotakan rambut disini, yang mungkin salah satunya menjadi penyebab kebotakan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar