Kamis, 01 Desember 2011

11 Penyebab Umum Kebotakan.


Tidak dipungkiri lagi, untuk memiliki rambut yang sehat, lebat,  indah dan berkilau, perlu didukung oleh beberapa kondisi, yang semuanya berpangkal pada kesehatan pemiliknya, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani secara keseluruhan. Namun ada beberapa penyebab spesifik yang bisa mengganggu kesehatan rambut anda, dan merupakan penyebab  kerontokan rambut. 

Berikut ini saya cantumkan 11 penyebab  umum kerontokan rambut,  yang bisa terjadi secara berkepanjangan dan dalam beberapa kasus menjurus pada kebotakan :
  1. Asupan gizi yang kurang / tidak seimbang :    Seperti tubuh, rambutpun memerlukan asupan gizi yang baik dan seimbang untuk dapat bertumbuh dengan sempurna. Semua asupan yang baik untuk tubuh tentu baik pula untuk rambut, namun demikian untuk pertumbuhan rambut yang baik diperlukan zat-zat khusus yang menunjang kesehatan rambut, yaitu vitamin B12, biotin, asam lemak omega3, serta berbagai mineral seperti zinc/seng, tembaga dan zat besi. Kekurangan unsur-unsur ini dapat menyebabkan kerontokan rambut.
  2. Gangguan hormone :, hormon  Androgen  menghambat folikel rambut yang berperan memproduksi rambut baru . Biasanya hormone ini memicu kebotakan pada pria, sedamgkan wanita terhindar dari jenis kebotakan ini karena tubuh wanita tidak banyak memproduksi hormon androgen. Penurunan hormone estrogen juga akan menyebabkan rambut rontok.  Keseimbangan  hormon tiroid juga berperan penting dalam terjadinya kerontokan rambut- jika terlalu sedikit rontok , terlalu banyak juga bisa botak. Susah ya ?
  3. Keturunan : Ya, kebotakan bisa  diwariskan !  Tapi yang ini tentu bukan kabar gembira. Selama bertahun-tahun merawat kebotakan, belum pernah saya menemukan pasien yang gembira  menerima warisan seperti ini. Kalo bisa sih jangan.  Tapi begitulah faktanya,  kebotakan genetic merupakan salah satu faktor kebotakan.
  4. Usia  : Secara alami, umumnya rambut manusia menipis seiring bertambahnya usia. Ini disebabkan karena perubahan hormon, terutama menurunnya hormon estrogen yang biasa melindungi rambut.  
  5. Penyakit :  Diabetes, Anemia, Lupus, cacingan, amandel bahkan infeksi gigipun  dapat menyebabkan kerontokan rambut yang siginifikan yang memicu kebotakan. Selain itu penyakit di kulit kepala serta jamur / ketombe juga akan mengganggu pertumbuhan rambut.
  6. Merokok:   merokok menyebabkan  kenaikan  sejumlah hormon yang berperan sebagai pemicu kerontokan rambut, yaitu hormon Androgen, DHEA, androstebedione, testoteron dan dihidrorestosteron (DHT).
  7. Alkohol :  alkohol menurunkan  mineral Zinc  dan hormon estrogen, 2 unsur  yang berperan penting dalam menunjang kesehatan rambut. Bila anda sering mengkonsumsi alkohol tentu akan memberikan pengaruh bagi pertumbuhan rambut anda.
  8. Kosmetik rambut  : Mewarnai, mengeriting, meluruskan atau bahkan hanya menata rambutpun, memerlukan aplikaksi bahan-bahan kimia yang dapat membuat rambut rapuh dan rusak
  9. Stress / Depresi / insomania :  Kegelisahan dan gangguan pola tidur dapat mempercepat aliran darah ke organ tubuh yang vital, seperti jantung dan paru yang menyebabkan ketimpangan aliran darah ke kepala.  Bila berlanjut terus menerus dapat mengakibatkan penyempitan aliran darah di kulit kepala yang memicu kerontokan rambut.
  10. Debu / polusi / Keringat / Hawa Panas :  semua ini dapat membuat rambut rentan dan rusak, sehingga mudah rontok.
  11. Konsumsi obat – obatan : Beberapa obat-obatan , seperti yang diaplikasi untuk terapi kanker, kemoterapi, anti tiroid,  pil KB, anti-koagulan (pengencer darah) , anti-depresi,  mengakibatkan kerontokan rambut yang sangat signifikan. 
 
Dari  11 penyebab umum kebotakan rambut diatas  anda bisa melihat bahwa kebiasaan , gaya hidup, lingkungan, kesehatan, cara berpikir, karakter,  pekerjaan bahkan hobby anda, mempunyai andil dalam kesehatan  rambut anda. Adanya beragam pemicu kebotakan inilah yang menyebabkan kita harus pandai memilih  cara pengobatannya yang tepat, sebab setiap pemicu kebotakan memiliki cara pengobatan tersendri, agar kita bisa mendapatkan hasil yang maksilmal.
Setelah mengetahui ke 11 penyebab umum  kebotakan diatas, saya bayangkan anda langsung  mengelus-elus kepala anda dengan kening berkerut : duh kok banyak amat ya penyebabnya, yang mana nih  yang jadi biang kerok kebotakanku ?  wkk wkkk wekk…    Jangan kuatir, ada klasifikasi  macam – macam kebotakan berikut gejalanya  yang bisa dijadikan indikasi penyebab kebotakan.  Mungkin ini bisa membantu anda menemukan penyebab kebotakan yang anda derita. Namun sebaiknya anda juga mengenai rambut anda dahulu, melihat seperti apa sih sebenarnya organ rambut anda, berikut fungsi-fungsinya.  Akan saya tuliskan pada artikel saya berikutnya :  Anatomi Rambut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar